Pages

Friday, December 19, 2008

MAUKAH KITA KEMBALI KE ZAMAN JAHILIYAH???

Kita hidup di zaman yang modern, kemajuan IPTEK yang tinggi dan telah lepas dari kebodohan-kebodohan seperti saat sebelum Nabi Muhammad SAW diutus Alloh untuk menyempurnakan akhlak manusia. Namun kini tanpa kita sadari telah muncul indikasi-indikasi untuk kembali menuju ke zaman kebodohan atau zaman jahiliyah. Banyak orang-orang yang sering melakukan tindakan-tindakan seperti pada zaman jahiliyah. Untuk itu kita perlu mengetahui bagaimana ciri-ciri orang jahiliyah tersebut agar kita tidak ikut terjerumus ke dalamnya.

Ciri-ciri orang jahiliyah antara lain:
1. Menyangka orang lain selalu berbuat jelek / buruk karena tidak sepaham dengan dirinya.
2. Menggunakan hukum jahiliyah, yaitu hukum yang menyatakan bahwa orang yang kuat adalah orang yang menang, kelompok yang kompak adalah kelompok yang harus didukung, padahal kelompok tersebut tidak baik.
3. Orang wanita yang berias dan berperilaku seperti orang-orang jahiliyah, yaitu wanita yang berpakaian dengan sedemikian rupa sehingga dapat menimbulkan syahwat kaum laki-laki. Hal ini sering kita jumpai dimana-mana. Banyak wanita berpakaian ketat sehingga kelihatan bentuk tubuhnya, sehingga banyak laki-laki yang melongo memperhatikannya, juga ada yang memakai pakaian yang transparan yang sama saja dengan tidak berpakaian dsb. Hal inilah yang harus kita hindari, terutama bagi kaum perempuan.
4. Kesombongan adalah ciri yang keempat. Tidak ada orang jahiliyah yang tidak sombong. Mereka suka mengecilkan orang lain dan membangga-banggakan dirinya sendiri. Padahal Alloh tidak menyukai orang-orang yang sombong. Namun ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa kita boleh sombong terhadap orang yang kafir atau orang yang tidak baik.

Itulah ciri-ciri orang jahiliyah yang harus kita hindari, yang tak patut kita tiru karena tak ingin zaman jahiliyah terulang kembali. Dengan semangat akan memperingati tahun baru Islam 1 Muharram 1430 H beberapa hari lagi, marilah kita berusaha membentangi diri kita ke dalam kejahiliyahan. Marilah kita bersama-sama bahu membahu memberantas bentuk-bentuk kejahiliyahan yang ada di muka bumi ini.

ALLAHU AKBAR...!!!

1 comment:

  1. Allahu akbar...
    Yuhui...I like it, n' I wish we wont return to jahiliah era.

    Keep your spirit to write islamic articles,ok'!

    ReplyDelete

ceaceless_joy@yahoo.com