Pages

Sunday, December 21, 2008

INDAHNYA 'CINTA'

Alloh menganugerahkan fitrah cinta antara sesama hamba-Nya. Cinta kepada sesama hamba Alloh diwujudkan dengan ukhuwah. Perwujudan ukhuwah ini mutlak diperlukan untuk kemslahatan umat, baik individu, keluarga maupun masyarakat

ukhuwah adalah karunia ILLAHI yang dituangkan Alloh dalam hati hamba-hamba-Nya yang ikhlas dan bertaqwa. Ukhuwah terjalin karena perasaan cinta yang dilandasi iman dan taqwa. Sekalipun ada cinta, jika tak ada dasar iman dan taqwa, persaudaraan sulit terwujud dan lebih banyak kemungkinan untuk saling bertolak belakang.

"UNTUNGNYA BERUKHUWAH"
Faedah ukhuwah islamiyah sangatlah besar terhadap hidup bermasyarakat yang islami. Karena itulah Alloh SWT pun memberikan kedudukan utama dan mulia serta keutamaan yang banyak bagi mereka yang mau mewujudkannya.
Rasulullah SAW pernah bercerita: Seorang laki-laki berkunjung kepada saudaranya karena Alloh. Lalu Alloh menyuruh malaikat untuk mengikuti laki-laki itu.
Malaikat bertanya, "Mau kemana engkau?"
Ia menjawab, "Aku mau mengunjungi saudaraku si Fulan."
Malaikat berkata, "Apakah punya keperluan engkau dengannya"
Laki-laki itu menjawab, "Tidak!"
Malaikat berkata, "Barangkali ada satu nikmatnya dengan kunjunganmu kepadanya?"
Laki-laki itu menjawab, "Tidak!"
Malaikat bertanya, "Kalau begitu apa keperluanmu?"
Laki-laki itu menjawab, "Aku mencintai dia karena Alloh."
Malaikat berkata, "Sesungguhnya Alloh telah mengutus aku untuk menyampaikan berita padamu bahwa Alloh mencintaimu, karena engkau mencintainya. Maka Alloh telah mewajibkan kamu masuk surga." (HR. Muslim)

"AGAR UKHUWAH AWET"
Banyak juga ya yang kita dapat dari ukhuwah ini. Selain menunaikan perintah agama, kerjaan kita bisa lebih ringan, ada pahala dan keutamaan yang menunggu, karena itu tentunya kita ingin agar ukhuwah sesama muslim selalu awet, berakar kuat, sehingga tidak ada lagi yang bisa menggoyahkan ikatan ukhuwah tersebut. Apa saja kiatnya?

1. NYATAKAN RASA CINTAMU
Ini tidak main-main lho!
Rasulullah sendiri yang menganjurkan pernyataan rasa cinta ini sebagaimana dalam hadits beliau, "Apabila seseorang mencintai saudaranya, maka hendaklah ia mengatakan rasa cintanya kepadanya." (HR. Abu Dawud dan At Tarmidzi)
Trus, kalau misalnya kita diberi pernyataan seperti itu oleh saudara sesama muslim kita, maka ucapan balasannya adalah, "Semoga Alloh mencintaimu sebagaimana engkau mencintaiku karena-Nya."

2. SALING MENDOAKAN
Orang yang mendoa'kan saudaranya pun tak akan rugi, karena keutamaan do'a itu sendiri akan tetap kembali kepada orang yang mendo'akan. Sebagaimana tersebut dalam sebuah hadits, "Tidaklah seorang hamba mukmin berdo'a untuk saudaranya dari kejauhan, melainkan malaikat berkata, 'Dan babimu seperti apa yang engkau pinta itu." (HR. Muslim)

3. SALING MEMBERI HADIAH
Jangan terlalu dipikir susah!
Pemberian hadiah tidak harus menuggu momen-momen tertentu, seperti ultah, pernikahan dll. Juga tak perlu bernilai finansial. Yang akan diukur bukanlah nilai finansialnya, tapi makna dari pemberian hadiah itu sendiri. Pemberian hadiah seperti ini akan menumbuhkan perasaan cinta antara pemberi dan yang diberi. Rasulullah SAW bersabda, "Saling memberi hadiahlah, niscaya kamu akan saling mencintai." (HR. Bukhari)

4. MELEPASKAN KESUSAHAN SAUDARANYA
Ketika salah seorang saudara kita sedang ditimpa suatu permasalahan, lalu dataglah kita untuk membantu atau setidaknya menghiburnya, maka itu pasti akan sangat berarti baginya. Dengan saling melepaskan kesusahan itu lambat laun perasaan saling memiliki antara satu sama lain akan tertanam dan siap untuk diwujudkan dalam ukhuwah tersebut.

2 comments:

  1. meeerrrdeekkaaaaaa....wat cinta yang t'lah di anugerahkan wat kita semua.N terima kasih juga wat cinta yang slalu lekat dalam jiwa.
    Mo promo nih Bu, gw jual N juga terima order lukis kaos, sketsa, karikatur, N painting.sempel ada di www.spidool.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. hmmm, blog yang bagus, aku lagi banyak nyari artikel2 tentang agama, tar boleh copas ya :). btw, kunjungi blogku juga donk : http://shin-kunworld.blogspot.com

    ReplyDelete

ceaceless_joy@yahoo.com