Pages

Saturday, January 17, 2009

CANTIK DAN ISLAMI


Apa saja yang tidak dilakukan wanita masa kini untuk tampil cantik di mata lawan jenisnya, seperti memakai hak tinggi, melangsingkan badan sampai mati, memakai pemutih beracun, atau usaha lain yang menghabiskan rupiah berjuta-juta, tetapi apa hasilnya?

Dalam Syariat Islam, perempuan yang ingin tampil cantik itu adalah suatu fitrah, walau terkadang penilaian cantik itu sendiri relatif dan subyektif. Beberapa hal dibawah ini akan membuat seorang wanita mempesona karena memiliki kepribadian.

CANTIK SECARA LAHIRIAH
 Menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh
 Keserasian dalam berpakaian yaitu dengan menutup aurat

CANTIK SECARA SPIRITUAL
 Memiliki kedekatan hubungan dengan Alloh
 Berusaha menjadi hamba Alloh yang taat

CANTIK EMOSI DAN AKHLAK
 Memiliki rasa malu, lemah lembut, santun, jujur, amanah, menjaga kehormatan dan kesucian diri

CANTIK INTELEKTUAL
 Memiliki kecerdasan dan tak akan membiarkan diri untuk direndahkan, dilecehkan dan dieksploitasi

Meski tak ada kecantikan secara lahiriah dalam diri kita, jangan berkecil hati karena Alloh Maha Adil dan justru inner beauty (kecantikan spiritual, akhlak dan intelektual) harus kita usahakan dan tingkatkan.
So… Bolehkah kita sebagai seorang muslimah menjadi cantik dan melakukan usaha-usaha agar terlihat cantik? Tentu saja boleh, tetapi kembali lagi pada niat kita. Luruskan niat kita, karena semua itu hanya dalam rangka merawat tubuh yang menjadi karunia Alloh yang harus disyukuri.


“Ikhtiar itu wajib, Islamlah rambunya dan Alloh pengingatnya”

2 comments:

  1. Assalamu'alaikum Wr. Wb.

    Sebelumnya salam kenal dariku, sari maniez hehe. Smoga kita bisa jadi sahabat baik. Aku mau naggapi dikit tentang tulisanmu diatas. Sepakat banget kalo kita, sebagai muslimah, emang kudu tampil cantik (minimal ga dekil), n seger hehe. Kalo aku, penggemar massage n luluran. Gara2 kebiasaan ini, temen2 kostku jadi keranjingan luluran juga n kita sering massage n luluran massal saat weekend, seru deh ;p. Walaupun memang, kecantikan batin lebih utama, tapi tak bisa dipungkiri bahwa fisiklah yang pertama kali dilihat orang. Bagaimana mungkin orang tertarik mengenal kita lebih dalam kalo apa yang kita tampilkan ga menarik. Udah ah...malah nge-blog di blog orang hehe. Have a Nice Day !!

    ReplyDelete
  2. Allah memberi kita dua kecantikan...kecantikan lahiriayah dan batiniyah..
    namun terkadang kecantikan lahiriayah bisa termakan oleh usia..namun sejatikanya kecantikan terletak didalam hati kita.
    cinta itu dapat rusak tatkala cinta itu diliputi

    ReplyDelete

ceaceless_joy@yahoo.com